Menang, Sikaryo dari Indonesia

Lagi, Mahasiswa Indonesia menorehkan prestasinya di ajang bergengsi yang digelar kampus UTP. Kali ini adalah Pak Dani Adhipta, Pak Lava Himawan, Pak Muhammad Arrofiq, Pak Suwardo, dan Waskito yang berprestasi dalam lomba Creative Innovation Competition (CIC) 2009 yang diadakan Mecheclub, Rabu (08/04) Kemarin. CIC ini merupakan kompetisi desain unpowered glider, yakni  glider tanpa motor yg dilempar.

sikaryo
Dua tim dari Indonesia yang mengikuti lomba yang menjadi rangkaian acara Engineering Innovation Carnival ini adalah Sikaryo 1 dan Sikaryo 2.  Kenapa Sikaryo?  “Lha namanya kan diambil dari Waskito, terus plesetan waskita karya, waskito karyo, si karyo, jadinya ya sikaryo, hahaha… wong itu juga muncul ndadak gara2 harus punya nama grup kok,” jawab Pak Dani seperti ditulisnya dalam obrolan dengan penulis via YM.

Sikaryo 1 memang didesain berbeda dengan Sikaryo 2. Desain Sikaryo 1 adalah delta wing glider yang diakui Pak Dani sebagai desain yang agak radikal dan eksperimental. Sehingga meskipun sukses dalam beberapa uji coba, namun pesawat ini tidak sukses saat lomba alias langsung nyungsep.  “Mungkin kondisi angin dan lokasi lemparan yg dari atas di Pocket C jadi gak bisa diprediksi”, papar pak Dani. Sedangkan Sikaryo 2 merupakan pesawat klasik biplane atau sayap ganda. Dalam beberapa tes yang telah dilakukan, desain sayapnya memang cukup efisien. Dan terbukti Sikaryo 2 berhasil menyabet penghargaan dalam kriteria best effisiency.

Secara keseluruhan, menurut Pak Dani, tim Indonesia juga unggul di jarak terbang dan sesi presentasi teknis yg saat itu diwakili oleh Pak Rofiq. Dan Sikaryo 2 pun dinobatkan sebagai juara 3 dalam lomba yang diikuti 28 tim dari semua departemen di UTP. Uang tunai RM 350 dan hamper berhak menjadi hadiah mereka.

Tak hanya dirasakan oleh mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam tim, kebahagiaan ini juga turut diasakan beberapa Mahasiswa lain yang mendapat traktiran dari hadiah tersebut. Yakni Chicken Chop, salah satu menu paling mahal di kantin2 UTP. Acara ini dimulai pukul 10 pagi dengan sesi presentasi terlebih dahulu. Kemudia sesi terbang pukul 2 siang dan pembagian hadiah dilaksanakan pada sore harinya, pukul 5.

Advertisements

3 Responses to “Menang, Sikaryo dari Indonesia”

  1. Aga Says:

    alhamdulilah..
    selamat ya
    sy mewakili anak2 “Kepompong” (nama anak2 inake UG 09..hehe)
    ..
    btw, next ICN
    mudah2an bisa Do The Best
    amien
    ..
    oya,ikutan Kampanye disini ya (heheh kesempatan :p)
    ..
    Sahabat2 Sebangsa & Setanah Air
    Bapak2 Ibu2 semuanyaa (versi Lagu Inul,,hehe)
    ..
    Tolong Dukung Indonesia di acara ICN
    sms dgn cara:
    ketik: bid9
    kirim ke: 33228

    kirim sebanyak2 ya
    info lengkap http://livemusic.my

    (tolong kampanyekan jg ya..he3)
    ..
    tq

  2. noname Says:

    asyeeek … cikencottt … he he he …

  3. Dani Says:

    Kenangan terakhir aeromodeling bersama Pak Bambang dan Pak Lava di video2 ini http://www.mti.ugm.ac.id/~dani/rc

    Dua sdh hilang dan tinggal satu, mampukah bertahan di sini? wakakakkk …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: